Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Layanan Kesehatan di Tenda Pengungsian -->

Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Layanan Kesehatan di Tenda Pengungsian

Jumat, 22 November 2019, 7:36 PM
Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Layanan Kesehatan di Tenda Pengungsian

PATROLIBINS.CO.ID, MALUKU
, Pasca gempa berkekuatan 6.8 skala richter yang mengguncang Kota Ambon beberapa waktu lalu, pengungsi masih terlihat di tenda-tenda yang terletak di komplek ketinggian Hatalesi, Komplek Mangga dan Matiwa, Desa Morella, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Mayoritas diantara para pengungsi tersebut adalah anak-anak, ibu-ibu dan lansia yang tak luput dari ancaman penyakit dan terluka akibat guncangan gempa.



Untuk mencegah hal itu, anggota kesehatan Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Yonif Raider Khusus 136/TS dibawah pimpinan Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis sebagai Dansatgas selalu memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang hingga hari ini masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.



Komandan Pos Morela Letda Inf Panca, Kamis (21/11/2019) mengungkapkan bahwa keseluruhan warga yang mengungsi di beberapa tenda berasal dari Desa Morela yang merupakan desa binaan satgas. “Secara moral, kami memiliki tanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan mereka,” ucapnya.



Lebih lanjut Letda Inf Panca mengatakan bahwa untuk mengantisipasi terserangnya penyakit, setiap hari anggota kesehatan Pos Morela SSK I Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS melaksanakan anjangsana ke tenda-tenda pengungsian sekaligus memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui pemeriksaan rutin maupun pengobatan bagi warga yang menderita sakit atau terluka.



“Selain memberikan pelayanan kesehatan, Personel Kesehatan Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS selalu berpesan kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tenda pengungsian, yaitu dengan cara membakar atau menguburkan sampah organik maupun non organik dan selalu menggunakan toilet yang sudah disediakan,” tuturnya.



Menurut Komandan Pos Morela, hingga hari ini tidak ada warga yang menderita sakit serius ataupun terluka parah. “Tercatat hingga saat ini penyakit yang diderita warga hanya berupa demam, batuk, gatal-gatal dan hipertensi akibat trauma terjadinya gempa yang diderita oleh kaum ibu,” katanya.(*)

TerPopuler