Proyek Revitalisasi Penataan Kota Dan Pasar Balige, 573 Pedagang Akan Tempati Relokasi Baru -->

Proyek Revitalisasi Penataan Kota Dan Pasar Balige, 573 Pedagang Akan Tempati Relokasi Baru

Rabu, 17 Februari 2021, 8:00 AM

Proyek Revitalisasi Penataan Kota Dan Pasar Balige, 573 Pedagang Akan Tempati Relokasi Baru


PATROLIBINS, TOBA 
-  Proyek Revitalisasi Penataan Kota dan Pasar Balige, sudah mulai dikerjakan sejak bulan Desember tahun lalu. Dengan tujuan untuk mewujudkan Pasar Modern. Disamping itu,  juga diharapkan akan mendukung "Kawasan Strategis Pariwisata Danau Toba di Kabupaten Toba."


Untuk memaksimalkan Progres Pekerjaan Mega Proyek yang bersumber dari APBN Kementerian PUPR itu, sebanyak 573 pedagang yang selama ini berjualan disana yang akan direlokasi ketempat sementara yakni di tanah Lapang Sisingamangaraja Balige. Nantinya para pedagang akan beraktifitas disana dan akan kembali lagi ke Pasar Balige setelah selesai pekerjaan revitalisasi.


Sebanyak 573 pedagang yang akan direlokasi, hari ini mereka mulai mengikuti pengundian lapak, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Selasa (16/02/21). 


Usai memperoleh nomor undian, para pedagang sudah dapat menempati relokasi sejak hari ini, hingga tanggal 20 Pebruari 2021 mendatang.


Hal ini langsung disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi UKM Kabupaten Toba Ir Tua Pangaribuan, disela-sela pengundian lapak.


Empat hari sejak hari ini, para pedagang sudah dapat memindakan jualannya ketempat relokasi dan selanjutnya mereka akan menempatinya, tandas Tua Pangaribuan.


Terkait program penataan Pasar Balige, salah seorang pedagang Manahan Simatupang menyambut baik. Namun dia memberi saran, agar pihak terkait juga menertibkan para pedagang yang masih berjualan diluar Pasar Balige. 


"Menurut Manahan, jika mereka masih tetap berjualan disana akan menimbulkan kecemburuan pedagang lainnya. Disamping itu, tempat jualan yang akan mereka gunakan merupakan fasilitas jalan, sehingga dapat mengganggu pengguna jalan dan berkesan kumuh dengan keberadaan mereka disana," ujar Manahan yang kesehariannya menjual martabak.


Pengundian lapak tersebut, dihadiri oleh  Asisten II Pemkab Toba Sahat Manullang, Kadis Perindagkop dan UKM Toba Tua Pangaribuan, Danramil 17 Balige Kapten Poltak Pardede, IPTU Marlen Sitanggang, Kabid Pasar Dinas Perindagkop Toba Manogihon Tua Gultom serta ke 573 pedagang.


Proses pengundian lapak berlangsung dalam kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dengan bertahap berdasarkan jenis dagangan, untuk mengantisipasi kerumunan ( DNM )

TerPopuler