Penganguran, Rusdi Haryadi Komisi 4 DPRD Kabupaten Bekasi : Ada Dua Momentum Terkait Dalam Dunia Tenaga Kerja -->

Penganguran, Rusdi Haryadi Komisi 4 DPRD Kabupaten Bekasi : Ada Dua Momentum Terkait Dalam Dunia Tenaga Kerja

Minggu, 23 Oktober 2022, 12:24 PM
Penganguran, Rusdi Haryadi Komisi 4 DPRD Kabupaten Bekasi : Ada Dua Momentum  Terkait Dalam Dunia  Tenaga Kerja 


PATROLI BINS, KABUPATEN BEKASI - Rusdi Haryadi Komisi 4 sebagai sekretaris dari Fraksi PKS, berkesempatan wawancara dengan Media PATROLI BINS, melalui jaringan telepon, Sabtu,  22 Oktober 2022.


Ada dua momentum  dalam terkait dalam dunia  tenaga kerja, pertama adanya covid-19 dan kedua dengan berlakunya UU No 11 th 2020 tentang Omnyguslaw, ucap  Rusdi Haryadi.


"Kedua momentum hal ini sangat mempengaruhi dan mempunyai dampak yang besar terutama di kabupaten Bekasi, khusunya pada kasus-kasus PHK terkait dengan covid 19 perusahaan banyak mengambil kebijakan efesiensi dengan mem-PHK karyawannya karena memang Covid ini ada pengaruh dalam produksi mereka sehingga pasar sedikit melemah".


Kedua soal berlakunya Undang-undang omnibuslaw juga punya dampak karena dengan berubahnya norma dan aturan terkait dengan prosedur PHK juga membuat perusahaan mengambil langkah tersebut.


Data yang di terima dari Dinas Tenaga Kerja ke Komisi 4 yang terlapor sekitar 1500, meskipun saya mempunyai keyakinan jumlah akan bertambah, Karena mungkin ada saja yang tidak melapor terutama pada industri atau perusahan atau usah- usaha non-formal, data 2021.


Jadi Tahun 2019 sebetulnya memang kita juga cukup tinggi indeks pengangguran terbuka kita laporannya ketika 2019 laporannya sudah di bawah 10% namun 2 tahun diterpa pandemi laporan ke kami 11,8% bertambah 2%.


Terkait dengan kondisi seperti ini kita harus memahami persoalannya, karena persoalannya rumit melibatkan banyak persoalan.


Langkah yang diambil pemerintah kabupaten Bekasi untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan membentuk satgas ketenagakerjaan saya mengapresiasi.


Semoga Satgas ketenagakerjaan ini dapat memberikan solusi bagi ketenaga kerjaan di kabupaten Bekasi.


Dan tentunya harus juga diimbangi dengan adanya peningkatan sumber daya manusia nya, agar dapat bersaing ditengah kemajuan Tehknologi, pungkas Rudi Haryadi.


Red/Humas/Adv










TerPopuler