Kasad : TNI AD Kehilangan Salah Satu Prajurit Terbaiknya -->

Kasad : TNI AD Kehilangan Salah Satu Prajurit Terbaiknya

Rabu, 12 April 2023, 6:16 PM
Kasad : TNI AD Kehilangan Salah Satu Prajurit Terbaiknya



PATROLI BINS, KARAWANG - tniad.mil.id - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman bertempat di Markas Komando Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad Karawang Jawa Barat, Rabu (12/4/2023), bertindak sebagai Irup (inspektur upacara) pada persemayaman Alm. Serka Anumerta Robertus Simbolon yang gugur akibat penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua.


Serka Anumerta Robertus Simbolon yang merupakan  personel Satgas Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad, gugur setelah diserang dan terjadi kontak tembak antara pasukan TNI dengan KST Papua di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya Papua Tengah, pada hari Minggu sore  (9/4/2023) sekitar pukul 16.00 WIT. 


Jenazah almarhum sebelumnya dievakuasi ke Mimika untuk selanjutnya diterbangkan ke Jakarta dan disemayamkan di Markas Komando Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad di Karawang Jawa Barat. 


Kasad menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam atas gugurnya salah satu prajurit terbaik TNI Angkatan Darat dalam tugas operasi menjaga kedaulatan NKRI di Papua. Pada kesempatan tersebut, Kasad mewakili negara, membacakan naskah penerimaan jenazah  dari keluarga Almarhum  yang disampaikan  oleh Moraldus Simbolon  sebagai kakak sepupu almarhum  mewakili pihak keluarga.  


"Saya atas nama pribadi dan sebagai Pimpinan TNI Angkatan Darat menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya almarhum yang merupakan salah satu prajurit terbaik TNI Angkatan Darat, " ujar Kasad. 


Kasad mengungkapkan bahwa TNI dan TNI Angkatan Darat telah kehilangan prajurit terbaiknya, TNI memberikan penghargaan serta penghormatan tertinggi bagi almarhum  yang telah gugur demi tegaknya kedaulatan NKRI. 


"Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,"ujar Kasad.

 

Pada acara persemayaman yang dihadiri Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Aspers Kasad Mayjen TNI  Darmono Susastro, Asops Kasad  Mayjen TNI Ainurrahman dan Pangdivif I/Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmum, Kasad juga menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat akan mengurus jenazah almarhum hingga pemakaman dan memberikan sepenuhnya hak-hak kepada ahli waris almarhum sesuai ketentuan yang berlaku. 


Usai disemayamkan di Mako Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad, almarhum akan diterbangkan ke Medan untuk prosesi pemakaman dengan upacara militer di kampung halamannya.


Untuk diketahui, almarhum Serka Anumerta Robertus Simbolon adalah lulusan Bintara tahun 2015. Jabatan terakhir almarhum  Bintara Peleton I/B/305/17/1/Kostrad. Almarhum merupakan kelahiran Sitao-Tao, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada 24 Oktober 1994 dan  meninggalkan seorang istri bernama Merlita Silalahi serta  belum dikaruniai anak. (Dispenad)


Red 

TerPopuler