Lakukan Roadshow ke Sekolah di Jatiasih, Plt. Wali Kota Bekasi Sampaikan Asas-Asas Kebangsaan dan Kebhinekaan -->

Lakukan Roadshow ke Sekolah di Jatiasih, Plt. Wali Kota Bekasi Sampaikan Asas-Asas Kebangsaan dan Kebhinekaan

Rabu, 31 Mei 2023, 10:53 PM
Lakukan  Roadshow ke Sekolah di Jatiasih, Plt. Wali Kota Bekasi Sampaikan Asas-Asas Kebangsaan dan Kebhinekaan*


PATROLI BINS, KOTA BEKASI - Guna menanamkan sikap nasionalisme dan rasa junjung tinggi terhadap asas-asas kebhinekaan kepada para peserta didik, Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto sambangi Sekolah Persada Husada Indonesia Jatiasih untuk sampaikan materi terkait Wawasan Kebangsaan, Rabu (31/05) 


Kunjungan Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dikemas dalam _roadshow_ dimana untuk selanjutnya, sekolah-sekolah lain pun akan menjadi tujuan dalam rangkaian _roadshow_ dan terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kota Bekasi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Detasemen Khusus (Densus 88) Anti Terror Polri, dan Setara Institute.


Selain untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada peserta didik, _roadshow_ tersebut digelar guna mensinergikan peran Guru dengan Pemerintah dalam mewujudkan situasi dan kondisi Kota Bekasi yang harmonis dan toleran toleran serta bertujuan untuk memberikan pengarahan agar peserta didik terhindar dari paham-paham radikalisme dengan menyampaikan ajaran-ajaran dalam 4 Pilar Kebangsaan. 


"Kita memiliki 4 Pilar Kebangsaan, yakni; Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang mengajarkan kita bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, dengan berbagai suku, ras, agama yang beragam, maka penting bagi kita semua Warga Negara Indonesia untuk memperkuat, memperkokoh, dan mempertahankan keutuhan NKRI dengan menjaga Persatuan Indonesia, dan juga saling menjunjung tinggi dan memperkuat toleransi antar sesama," ujar Tri. 


Terkait pentingnya memiliki sikap nasionalisme, Tri Adhianto juga sampaikan kepada para peserta didik untuk cinta dan bangga menjadi Warga Negara Indonesia serta turut serta berperan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu. 


"Adik-adik sekalian akan meneruskan perjuangan para pahlawan yang dahulu telah merebut kemerdekaan Indonesia. Caranya, yakni dengan bangga menjadi Warga Indonesia serta bangga berbahasa Indonesia, dan penting mengamalkan sikap-sikap perjuangan para pahlawan dengan rajin belajar, jangan malas, kejar prestasi, hindari tawuran, perdalam ilmu agama, serta patuh kepada orang tua, karena hal-hal tersebut merupakan cikal bakal atau bekal kalian dalam menggapai cita-cita yang tinggi," tambah Tri.


Tri Adhianto pun berharap agar para peserta didik dan juga seluruh unsur masyarakat dapat menjaga toleransi kerukunan antar umat beragama di Kota Bekasi dapat terjaga dengan baik. 


"Toleransi antar umat beragama menjadi warna tersendiri bagi Kota Bekasi yang perlu kita jaga kerukunannya agar kehidupan bermasyarakat menjadi lebih harmonis dan juga perlu kesadaran tinggi dari untuk saling guyub, akur, tidak membeda-bedakan suku/ras/agama, eratkan silaturahmi, sehingga dapat terbina hubungan yang baik tanpa perselisihan," tutupnya.


wan

TerPopuler