Bhabinkamtibmas Polsek Laguboti Mediasi Sengketa Lahan Di Dusun 1 Tikka-tikka -->

Bhabinkamtibmas Polsek Laguboti Mediasi Sengketa Lahan Di Dusun 1 Tikka-tikka

Jumat, 23 Juni 2023, 9:58 PM
Bhabinkamtibmas Polsek Laguboti Mediasi Sengketa Lahan Di Dusun 1 Tikka-tikka


PATROLI BINS, LAGUBOTI - Bhabinkamtibmas Polsek Laguboti Bripka Sandi Sinaga membantu penyelesaian sengketa lahan yang terletak di Dusun 1 Tikka-tikka Desa Siraja Gorat.


Kegiatan mediasi bertempat di Kantor Desa Siraja Gorat Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Jumat (23/06/2023)


Adapun perselisihan lahan tersebut, Pihak Pertama Bona M Pasaribu menitip lahan kepada pihak kedua Panahatan Pasaribu pada tahun 1988 bulan april.


Permasalahan sengketa lahan ini, Bripka Sandi Sinaga menjelaskan bahwa Pihak kedua tidak mengakui bahwa pemilik lahan tersebut tidak dimiliki pihak pertama. 


Setelah pihak pertama menunjukan surat bukti kepemilikan tanah, pihak kedua langsung mengakui bahwasannya lahan tersebut dimiliki oleh pihak pertama.


Namun pihak kedua meminta kepada pihak pertama bahwa lahan/ladang sudah tertanam tanaman keras seperti Pohon Durian, Pohon Petai dan Pohon Jengkol Untuk diteruskan oleh pihak ke dua.


Pihak pertama merasa iba dikarenakan masih adik kandung, dan memperbolehkan untuk sementara waktu. 


Apabila di lain hari, pihak pertama meminta lahan tersebut kepada pihak kedua untuk membangun sebuah rumah maka pihak kedua bersedia memberikan kepada pihak pertama, ungkap Bripka Sandi Sinaga


Hasil dari mediasi tersebut di capai bahwa Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai. Pihak pertama meminta kepada pihak ke dua untuk tidak mengulangi perbuatannya


Sebagai Bhabinkamtibmas pengemban Polmas (Polisi Masyarakat) di Desa,  Bhabinkamtibmas mempunyai fungsi diantaranya menyelesaikan permasalahan (Problem Solving) yang ada di masyarakat.


Mediasi dilakukan guna mencegah timbulnya perselisihan antar warga yang dapat semakin meluas dan mengatasi permasalahan dengan musyawarah sehingga dapat diselesaikan secara kekeluargaan, ucap Bripka Sandi Sinaga


Turut hadir dalam mediasi tersebut Sekdes Siraja Gorat, Kadus 1 Siraja Gorat, Staf Desa Siraja Gorat, Pihak pertama dan keluarga, Pihak ke dua dan keluarga serta Perangkat Desa Sitangkola. ( Polsek Laguboti )


Red

TerPopuler