Seni Budaya Indonesia yang Mendunia

Seni Budaya Indonesia yang Mendunia

Minggu, 06 Oktober 2019, 6:32 PM
Ilustrasi
PATROLI BINS - Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman seni dan budayanya, karena memiliki berbagai macam suku bangsa di dalamnya. Beberapa hasil seni dan budaya Indonesia bahkan sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO, sehingga menarik minat turis untuk mempelajarinya. Apa saja hasil seni dan budaya bangsa Indonesia yang telah mendunia, berikut ulasannya:

1. Batik
Batik Indonesia, bukan hanya meliputi kain tetapi juga budaya, teknik serta pengembangan motif serta teknologinya. Telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada 2 Oktober tahun 2009, yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Batik pertama kali di bawa ke dunia internasional oleh mantan presiden RI bapak Soeharto, yang mengenakannya pada konferensi PBB. Hingga saat ini batik terus mengalami perkembangan baik motif atau teknik pembuatannya.

2. Alat Musik Angklung
Salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini diakui oleh UNESCO sejak tahun 2011. Bunyinya yang unik membuatnya mendunia dan banyak negara telah mempelajarinya hingga menggunakannya sebagai alat ajar di sekolah.

3. Kesenian Wayang Kulit
Kesenian wayang telah mendapatkan pengakuan UNESCO sejak 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Banyak sekali warga negara asing yang tertarik untuk mempelajarinya. Mereka biasanya belajar langsung dari dalang yang sudah memiliki nama.

4. Tari Reog Ponorogo
Kesenian Reog selalu dihubungkan dengan kerajaan Majapahit yang ingin menyatukan Nusantara. Reog masih kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan gaib dalam pertunjukannya. Sempat diakui oleh negara tetangga, tapi reog tetap lestari di Indonesia.

5. Tari Kecak
Tari tradisional Bali ini populer di kalangan wisatawan dunia, kebanyakan mereka tahu setelah berkunjung ke Bali. Nama kecak berasal dari kata “cak” atau api disebut juga fire dance, merupakan pertunjukan tari masal yang disertai sendra tari di dalamnya.

6. Tari Saman
Merupakan salah satu tarian yang berasal dari suku Gayo di Aceh Tenggara, unik karena hanya menampilkan tepukan tangan dan liukan anggota tubuh. Telah diakui sebagai warisan budaya yang perlu perlindungan mendesak pada tahun 2011 oleh UNESCO.

7. Keris
Keris merupakan senjata tradisional khas dari Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Dahulu senjata ini sering digunakan oleh anggota keluarga kerajaan sebagai pusaka yang disucikan. UNESCO telah mengakui keris sebagai kekayaan budaya Indonesia pada tahun 2005.

Itulah seni budaya Indonesia yang mendunia, jika dunia saja mengakuinya maka rakyat Indonesia wajib melestarikannya. Jangan tunggu kesenian budaya kita direbut oleh negara lain, rawatlah lestarikan sedari sekarang.

Demikian sedikit informasi terkait seni budaya mulai dari pengertian sampai kebudayaan Indonesia yang mendunia yang perlu untuk anda ketahui. Dari penjelasan di atas bisa anda ketahui betapa kayanya Indonesia akan seni dan budaya bangsa.

Kebudayaan yang ada di Indonesia perlu dilestarikan dan dijaga agar tetap bisa diturunkan ke generasi selanjutnya. Jika buka warga negara Indonesia sendiri siapa lagi yang bisa menjaga kekayaan milik bangsa yang berupa seni dan budaya ini. Jadi jaga dan lestarikan seni budaya bangsa kita.

Sumber : romadecade.org

TerPopuler