Ditsamapta Rutin Patroli Dini Hari, Himbau Warga Turut Serta Menjaga Kamtibmas

Ditsamapta Rutin Patroli Dini Hari, Himbau Warga Turut Serta Menjaga Kamtibmas

Minggu, 23 Februari 2020, 6:56 PM
Ditsamapta Rutin Patroli Dini Hari, Himbau Warga Turut Serta Menjaga Kamtibmas

PATROLI BINS.CO.ID, SERANG - Dalam rangka mencegah terjadinya aksi kriminalitas dan gangguan Kamtibmas, Ditsamapta Polda Banten melaksanakan patroli hingga dini hari menggunakan Kendaraan Patroli 1484 - XIII. Sabtu (22/02/2020). Pukul 20.00 sampai 23.00 Wib dan dilanjutkan pukul 02.00 hingga 08.00 Wib.

Patroli merupakan prioritas, untuk mengantisipasi serta menjaga kemanan agar terjaga dari tindak kriminalitas maupun gangguan kamtibmas lainnya yang ada di wilayah Hukum Polda Banten seperti halnya yang dilakukan di wilayah Polsek Serang Kota, Alfamart, Pasar Lama Serang dan di desa Kaligandu (Serang).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Agung Sabar Santoso SH MH melalui Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial SIk mengatakan patroli rutin yang dilaksanakan pada  malam hari guna memberikan rasa aman kepada masyarakat saat berkatifitas siang hari maupun malam hari.

“Pelaksanakan kegiatan patroli malam hari bertujuan untuk meminimalisir adanya tindak kriminalitas. Ini dimaksudkan untuk menjaga situasi agar kondusif sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman,” kata Jondrial.

Lanjut Jondrial, “Anggota juga melakukan koordinasi dengan mengunjungi Polsek Serang Kota guna berkoordinasi dengan Anggota Polsek Serang Kota mengenai wilayah yang rawan terjadi tindak pidana Curas, Curat dan Curanmor.”terangnya.

“Kita selalu memberikan himbauan baik kepada petugas Alfamart, agar mengunci toko dan memeriksa kembali saluran listrik jika hendak meninggalkan toko. Personel juga melakukan dialog kepada warga dan penjual yang ada di Pasar Lama Serang menanyakan situasi dan kondisi Kamtibmas di sekitaran Pasar  serta memberikan himbauan apa bila ada gangguan Kamtibmas bisa langsung menghubungi Polsek terdekat.”jelasnya.

“Personel melanjutkan kembali patrol di kawasan pemukiman, memanfaatkan moment dengan adanya masyarakat yang sedang berkumpul maupun ditemui, personel menghimbau dan bersosialisasi serta berdialog dengan beberapa warga Desa Kaligandu (Serang) agar selalu berhati-hati melakukan kegiatan dimalam hari.”tutupnya.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi saat dikonfirmasi membenarkan, kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh Direktorat Samapta secara kontinyu berganti piket dan rutin, itu sudah suatu kegiatan rutin ini dalam rangka hadirnya negara setiap saat di tengah masyarakat.

Edy sumardi menambahkan, “bahwa kegiatan patroli dini hari personil Direktorat Samapta Polda Banten ini, merupakan wujud dari implementasi program prioritas Kapolri, penguatan dan pemeliharaan kamtibmas melalui hadirnya polisi disetiap kehidupan masyarakat. Seperti halnya petugas Bhabinkamtibmas yang selalu hadir dan melekat di masyarakat.”tuturnya.

"Kepada masyarakat apabila terjadi atau melihat tindak kejahatan agar segera melapor ke pihak kepolisian terdekat, kepada Petugas jaga Parkir agar selalu memperhatikan kendaraan yang terparkir guna mengantisipasi terjadinya Curanmor. Alhamdulillah, selama pelaksanaan patroli oleh petugas tidak ditemukan adanya gangguan Kamtibmas.”himbaunya. (*)

TerPopuler