Babinkum TNI Gelar FGD Implementasi HAM dan Hukum Humaniter

Babinkum TNI Gelar FGD Implementasi HAM dan Hukum Humaniter

Rabu, 18 November 2020, 11:15 AM

 

Babinkum TNI Gelar FGD Implementasi HAM dan Hukum Humaniter


PATROLI BINS.CO.ID, KOTA BEKASI -  Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Implementasi HAM dan Hukum Humaniter dalam tugas TNI mengatasi aksi terorisme, bertempat di Ballroom Hotel Amaroossa Grande Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/11/2020).


 


Dalam amanatnya, Kababinkum TNI Laksda TNI Anwar Saadi, S.H. yang dibacakan oleh Oditur Jenderal (Odjen) TNI Laksda TNI Gumarad Sabirin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Kementerian dan Lembaga (KL) terkait, yakni Kemenkopolhukam, Kemenkumham, Setneg, Mabes TNI, Mabes Angkatan dan beberapa civitas akademika di lingkungan TNI.


 


Kababinkum TNI mengungkapkan bahwa TNI adalah alat pertahanan negara, yang direkrut, dididik, dilatih dan disiapkan secara profesional untuk menghadapi setiap bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Keterlibatan TNI dalam mengatasi aksi Terorisme adalah suatu keniscayaan, karena hal itu merupakan tugas pokok TNI,” ujarnya.


 


“Tidak ada satu negara pun yang bebas dari ancaman teroris. Oleh karenanya, kita harus sadar dan memiliki persepsi yang sama bahwa terorisme adalah ancaman nyata bagi semua negara di dunia,” jelas Kababinkum TNI.


 


FGD ini diikuti peserta dari Staf Kemenkumham, Setneg, Polhukam, Kemhan, Intelijen, Staf Operasi dan Hukum Mabes TNI dan Angkatan, perwakilan Perwira Koopssus TNI, Sat-81 Kopassus, Denjaka Marinir, Denbravo-90 Korpaskhas, Ton Taipur Kostrad dan Kopaska serta para Perwira Siswa dari Seskoal, Unhan dan STHM.


 


FGD tersebut menghadirkan Narasumber dari Pejabat Hukum dari tiga matra yaitu Dirkumad, Kadiskumal dan Kadiskumau.   Direktur Hukum TNI AD (Dirkumad) Brigjen TNI  Dr. Tetty Melina, S.H., M.H. membawakan  materi Potensi Peranan TNI Aspek Darat dalam Penanganan Terorisme di Indonesia, Kepala Dinas Pembinaan Hukum TNI AL (Kadiskumal) Laksma TNI Kresno Buntoro,S.H., LLM., PhD  dengan materi bahasan Penanganan Terorisme Aspek Laut. Sedangkan Kepala Dinas Pembinaan Hukum TNI AU (Kadiskumau) Marsma TNI Haryo Kusworo, S.H., M.Hum., dengan materi Tugas TNI AU Dalam Mengatasi Aksi Terorisme Aspek Udara.


 


Disamping ketiga pemateri dari lingkungan TNI tersebut, FGD juga menghadirkan pemateri dari luar TNI yaitu Direktur Instrumen HAM Kemenkumham RI Ir. Timbul Sinaga, M.Hum. dengan materi HAM dan Implementasinya serta Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste Alexander Faite dengan materi Hukum Internasional, Penanganan Terorisme dan ICRC. (*)

TerPopuler