Jelang HUT Kota Bekasi KE 24, Apresiasi Menag RI Kepada Walikota Bekasi Terkait Pembangunan Kantor Kemenag Termegah Se Jawa Barat -->

Jelang HUT Kota Bekasi KE 24, Apresiasi Menag RI Kepada Walikota Bekasi Terkait Pembangunan Kantor Kemenag Termegah Se Jawa Barat

Selasa, 09 Maret 2021, 8:11 AM
Jelang HUT Kota Bekasi KE 24, Apresiasi Menag RI Kepada Walikota Bekasi Terkait Pembangunan Kantor Kemenag Termegah Se Jawa Barat


PATROLIBINS, KOTA BEKASI
- Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi ucapkan terima kasih atas kehadiran dari Menteri Agama Republik Indoensia, KH. Yaqut Cholil Qoumas yang hadir pada Peresmian Kantor baru Kementerian Agama Kota Bekasi di  Jl. Jend. Ahmad Yani, hadir juga Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507 Bekasi, Kepala Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dan Ketua MUI Kota Bekasi, KH. Miran Syamsuri, Senin 08/03/02.


Saat paparan dari Kepala Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Dr.H. Adib, M.Ag mengungkapkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi mendapatkan perhatian khusus untuk dibangunkannya kantor yang megah se Jawa Barat, dirinya mengungkapkan juga bahwa prestasi di Kota Bekasi khususnya Wali Kota Bekasi yang telah meraih Kota Toleran dan Kota Harmonisasi adalah bentuk realisasi harmonis dari Kota Bekasi. Tidak hanya itu, di wilayah khususnya untuk Kepala KUA se Kota Bekasi juga diberikan perhatian khusus dari segi kantor hingga mobil dinas untuk Kepala KUA dalam melayani warga Kota Bekasi.



"Banyak dukungan dan sinergitas dari Wali Kota Bekasi untuk kegiatan keagamaan di Kota Bekasi, dari segi pembangunan kantor, pembangunan KUA, mobil dinas Kepala KUA dan juga insentif para guru yang telah diberikan, karena sebuah kepentingan pelayanan di Kota Bekasi" ujar Kakanwil Provinsi Jawa Barat.


Wali Kota Bekasi saat sambutan juga mengucapkan selamat datang kepada Menteri Agama RI yang telah meresmikan kantor Kementerian Agama Kota Bekasi pada hari ini. Wali Kota sebutkan saat ground breaking peletakan batu pertama oleh Menteri Agama RI, Fahrul Razi dan kini juga diresmikan oleh Menteri Agama RI baru, Gus Yaqut. Merupakan suatu kebanggaan dalam proses pelayanan warga Kota Bekasi dalam bidang urusan keagamaan.


H.Tumai,SE Anggota DPRD Kota Bekasi


Wali Kota sebutkan bahwa Kota Bekasi luasnya kecil tapi warganya hampir 2,5 juta penduduk, sangat tidak mudah memperkenalkan bhineka tunggal ika akan tetapi warganya juga selalu mendukung atas kebersamaan dan keberagamaan sehingga Pemerintah Kota Bekasi mendapatkan penghargaan kota toleransi dan kota harmonisasi.


"Saya ingin melaporkan kepada Bpk. Menteri bahwa Kota Bekasi yang secara wilayah termasuk kota yang kecil. Tapi secara harmonisasi dan toleransinya sangat tinggi, karena Kami selalu mengedepankan toleransi sehingga ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa Kota Bekasi mendapatkan penghargaan Kota Harmonisasi." Ujar Rahmat Effendi.


Selain itu, untuk pembangunan rumah ibadah atau masjid tentang perijinan telah kita buatkan payung hukum pendiriannya dan tidak ada biaya terkait ijin tersebut, sehingga warga masyarakat merasa nyaman dan aman tinggal di Kota Bekasi.


"Di masa akhir periode saya, saya ingin meninggalkan legacy terbaik untuk Kota Bekasi, menjadi kenang-kenangan atas penghargaan-penghargaan yang diraih secara bersama dari Forkopimda hingga dukungan warga Kota Bekasi" jelas Wali Kota.


Menteri Agama RI, Gus Yaqut mengutarakan Baru kali ini saya menemukan bahwa ada Wali Kota yang konsen terhadap umat beragama di Kota Bekasi, Semoga apa yang telah dilakukan oleh Wali Kota Bekasi menjadi legacy dan menjadikan suatu balasan yang setimpal, karena bentuk dari bhineka tunggal ika memang harus diterpakan dan didukung penuh oleh siapapun.


Dijelaskan besar harapan Kantor Agama menjadi kantor urusan milik semua agama, bukan hanya milik satu agama saja. Kedepannya saya berharap tidak ada lagi diskriminasi yang dilakukan oleh kementerian agama dalam hal pelayanan. Hal ini memang berat karena mengubah pandangan yang sebelumnya. Sehingga nantinya KUA yang berada di tingkat kecamatan akan menjadi kantor urusan agama seluruh umat.


"Saya juga mempunyai program modernisasi prilaku beragama dengan bekerjasama dengan TNI/Polri maupun BIN dan BNPT hal ini untuk menghindari adanya penyimpangan yang salah dalam beragama. Kementerian agama menjadi suatu wadah agama apapun yang membuat kenyamanan warga Indonesia tinggal di wilayah itu" jelas Menteri Agama.


Di sela sela sambutan, Menteri Agama ucapkan selamat ulang tahun untuk Kota Bekasi ke 24, semoga selalu menjadi kota yang harmonis dan bertoleran sehingga warga masyarakat selalu mendukung dalam proses perjalanan pemerintah Kota Bekasi.


Usai itu, Menteri Agama bersama Wali Kota Bekasi menandatangani prasasti sebagai peresmian kantor baru tersebut. Rangkaian juga diiriingi pengguntingan pita dan melihat ke dalam ruangan baru yang dimiliki Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi.


(*/Ndoet)

TerPopuler