Pemkab Bekasi Harus Fokus, konsentrasi dan Efektif Dalam Pemulihan Ekonomi -->

Pemkab Bekasi Harus Fokus, konsentrasi dan Efektif Dalam Pemulihan Ekonomi

Minggu, 02 Oktober 2022, 8:11 PM

Pemkab Bekasi Harus Fokus, konsentrasi dan Efektif Dalam Pemulihan Ekonomi 


PATROLI BINS, KABUPATEN BEKASI - Di tahun 2022 ini adalah masa transisi dimana kita sudah dua Tahun menghadapi Covid-19,  kemudian sekarang kita  bicara tentang pemulihan ekonomi  Dari tahun 2020 sudah diarahkan kesana tetapi  output nya tidak bisa terlihat langsung dalan Sebulan atau dua bulan baru terasa Satu tahun kemudian.


Dimana selama covid-19  ini berbagai sektor terdampak aspek kehidupan baik ekonomi, physik dan sosial budaya sangat renta²n terkena pada masyarakat. Nah Trigger yang  mana mau dibidiknya atau  diarahkan?  Yaa.. yang paling kelihatan adalah masalah Ekonomi, karena bicara pembangunan ekonomi akan memperkuat basis ketahanan rumah tangga dalam hal ketahanan physik ataupun ketahanan sosial, ucap Dra. Hj. Ani Rukmini, Ketua komisi Satu DPRD Kabupaten Bekasi Jawa Barat, kepada Media PATROLI BINS melalui jaringan telepon, Bekasi 2/10/2022


Lanjut Ani "Kita juga ada masalah, dimana dinamika Politik dalam  pemerintah Kabupaten Bekasi sangat dinamis dan  mobile sekali,  khususnya  dalam pergantian Bupati, dimana dalam kurun waktu lima tahun ini  kita sudah mengalami sebanyak lima  kali pergantian Bupati, sampai PJ Bupati sekarang ini Hal ini sangat berdampak pada konsentras pada Program Program yang sudah ada.


Nah dengan adanya  PJ Bupati sekarang ini,  sesuai kewenangan dan tentunya dengan keterbatasan  yang ada, sekarang ini PJ Bupati agar  Mengikuti  sesuai kewenangan nya dan  diharapkan dapat konsentrasi dengan Program pemulihan ekonomi yang sudah Diinisisi Bupati sebelum nya, tidak membuat Program yang baru lagi.


Gebrakan yang Dilakukan PJ Bupati Kabupaten Bekasi, saya melihat sudah ada. yaa.. seperti belum lama ini dibuat satuan tugas ( satgas) penanggulangan kemiskinan dan tenaga kerja.


Jadi ide dasarnya saya sangat mengapresiasi walaupun ada yang perlu dikoreksi, agar satgas tersebut betul-betul  dibuat  adalah dengan  skema untuk penanganan yang betul betul untuk pemulihan ekonomi di Kabupaten bekasi bukan Menjadi ajang panggung atau ajang kepentingan kelompok tertentu.


Lebih lanjut Ani mengatakan, " dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak ( BBM) ini juga menambah pengaruh kepada masyarakat.


Hal inilah yang menjadi konsentrasi kita untuk mengambil langkah dan  keputusan untuk membantu masyarakat. Misalnya dengan memberikan bantuan langsung tinai (BLT) yang terdampak BBM, ada juga Anggaran yang sudah disiapkan dari Dana Alokasi Umum (DAU), adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar-Daerah untuk mendanai kebutuhan Daerah dalam rangka pelaksanaan Desentralisasi, Dimana  DAU sebanyak 18 milyar sudah disiapkan  untuk didistribusikan ke Perhubungan, Angkot, Dinsos, Ojek Online, dan Tenaga kerja Non ASN.


Diakhir wawancara nya Ani berharap, dengan adanya PJ Bupati Kabupaten Bekasi yang menjabat sekitar tujuh bulan ini tentunya harus benar-benar efrektif, konsentrasi, tidak seremonial  dan Fokus terhadap masalah pemulihan ekonomi di Kabupaten Bekasi 


BM/ ADV 









TerPopuler