Polda Banten Gelar Rakor Internal Ops Ketupat Maung 2023 -->

Polda Banten Gelar Rakor Internal Ops Ketupat Maung 2023

Rabu, 05 April 2023, 12:18 AM

Polda Banten Gelar Rakor Internal Ops Ketupat Maung 2023


PATROLI BINS, SERANG - Polda Banten gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Internal Ops Ketupat Maung 2023 pengamanan hari Raya Idul Fitri 1444 H di daerah Hukum Polda Banten bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten pada Selasa (04/04).


Kegiatan ini di pimpin Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono serta dihadiri para Kapolres Jajaran Polda Banten juga menyertakan Kabagops, Kasatintelkam dan Kasatlantasnya dalam kegiatan.


Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono mengatakan tujuan dari operasi tersebut. “Tujuan dilaksanakan Ops Maung 2023 adalah untuk terjaminnya rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul fitri 1444 H, dan operasi Maung ini adalah suatu operasi kepolisian yang besar yang menentukan kinerja kepolisian, berhasil atau tidaknya jadi penilaian Polri. Oleh sebab itu, operasi Maung 2023 ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sinergitas, kolaborasi, dan laksanakan tugas dengan penuh semangat serta suka rela, karena operasi Maung 2023 masyarakat berharap besar kepada Polri,” ucap Dedi.


Total personel Polda Banten yang terlibat sejumlah 1.709 personel. “Total personel Polda Banten dan Polresta Jajaran yang dilibatkan dalam Ops Ketupat Maung 2023 sebanyak 1.709 personel Polda Banten serta 92 pers BKO dari Mabes Polri untuk di tempatkan di wilayah hukum Poles Cilegon,” terang Dedi.


“Wilayah Polda Banten terdapat Pospam sebanyak 39 lokasi, Posyan 6 lokasi, dan terapat posko terpadu Merak sebanyak 1 lokasi,” tambah Dedi.


Dalam arahannya Dirintelkam Polda Banten diwakili Wadirintelkam Polda Banten AKBP Eko Susanto. “Pemerintah telah menetapkan cuti bersama yaitu pada 19-26 April 2023, dan secara resmi telah mencabut kebijakan PPKM terkait pandemi Covid-19, serta pelaksanaan Ops Ketupat Maung 2023 diwilayah hukum Polda Banten dilaksanakan mulai tanggal 19 April - 7 Mei 2023,” jelas Eko.


Eko menjelaskan tujuan dilaksanakan ops Maung 2023. “Tujuan dilaksanakan Ops Maung 2023 adalah untuk terjaminnya rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul fitri 1444 H serta menurunkan angka kriminalitas, terwujudnya arus mudik atau arus balik yang lancar, menurunnya jumlah pelanggaran dan Laka lantas serta fatalitas korban Laka,” terang Eko.


Eko juga menjelaskan sasaran dalam pelaksanaan operasi Maung 2023. “Sasaran Operasi adalah orang dan tempat, orang meliputi Masyrakat yang berbelanja untuk kebutuhan lebaran, masyarakat yang takbiran, masyarakat yang melaksanakan kegitn mudik lainnya, tempat meliputi pusat perbelanjaan, gudang sembako, pelabuhan serta lainnya,” ucap Eko.


“Selain orang dan tempat yang menjadi sasaran operasi adalah barang atau benda yang meliputi senjata api, petasan, narkoba, kendaraan dan lainnya, serta kegiatan yang meliputi arus mudik dan balik, kegiatan sholat Ied, takbir keliling dan lainnya,” tambah Eko.



“Kemungkinan Penanggulangan yang akan dilakukan Polda Banten antara lain melakukan koordinasi dengan instansi terkait berupa jaminan kesiapan logistik serta skenarioisasi suplai kebutuhan pokok masyarakat saat menjelang lebaran serta optimalisasi operasi pasar dalam rangka menekan potensi tidak terkontrolnya harga kebutuhan pokok di pasar diakibatkan adanya permainan penimbunan logistik dan berdampak pada kelangkaan barang di pasar, melaksanakan gelar pasukan pra ops ketupat maung 2023, untuk melakukan pengecekan personel dan peralatan pendukung di lapangan serta arahan pimpinan yang akan menjadi pedoman personel dalam melaksanakan operasi dilapangan, Polda Banten dan Polres jajaran selama  pelaksanaan operasi ketupat Maung 2023, agar mendirikan pos Pengamanan, pos pelayanan, dan pos gatur Kamsebtibcarlantas pada jalur mudik dan jalur wisata yang rawan terjadinya kemacetan arus lalin,” terang Eko.


Terakhir Dedi berharap semoga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar. “Semoga pelaksanaan operasi Maung 2023 berjalan dengan lancar dan tertib, mari bersama sukseskan pelaksanaan operasi Maung 2023,” tutup Dedi (Bidhumas).


Red

TerPopuler