Kapolres Toba Pimpin Upacara Ziarah Nasional Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII Ke -116 -->

Kapolres Toba Pimpin Upacara Ziarah Nasional Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII Ke -116

Senin, 19 Juni 2023, 5:27 PM
Kapolres Toba Pimpin Upacara Ziarah Nasional Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII Ke -116



PATROLI BINS, TOBA - Upacara peringatan hari gugurnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII ke 116 berlangsung hikmad dan sederhana di Makam Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII Balige, Senin (19/06/2023)


Upacara di pimpin langsung Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH,S.ik selalu Inspektur Upacara dan bertindak sebagai Komandan Upacara Dan Sub DenPom I/II-6 Balige Kapten Almuhar Chaniago diikuti Wakil Bupati Kabupaten Toba Tonny Simanjuntak SE, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Danramil 17/Balige Kapten Inf B Siboro, Pimpinan BUMN Toba, OPD Kabupaten Toba, Pleton Perwira Polri, Pleton Polri, Pleton TNI, ASN Kabupaten Toba, Kelompok Bhayangkari, Kelompok Persit, Kelompok Golongan Siraja Batak dan Kelompok Siswa SLTP


Peringatan dilaksanakan dengan upacara nasional, pembacaan sejarah perjuangan Raja Sisingamangaraja XII, kemudian tabur bunga dan doa bersama.


Hal ini sebagai bentuk terima kasih atas perjuangan Raja Sisingamangaraja XII yang bergerilya selama sekitar 30 tahun (1878-1907) melawan tentara penjajah kolonial Belanda demi memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah di tanah Batak.


Diterangkan, Raja Sisingamangaraja XII lahir di Bakkara, 8 Februari 1845 hingga wafat pada 17 Juni 1907 di Dairi, tepatnya di pebukitan Lae Sibulbulon, Desa Sionom Hudon, perbatasan Taput dan Dairi. Kemudian pada 9 November 1961, Pemerintah RI menetapkan Raja Sisingamangaraja XII menjadi Pahlawan Nasional melalui SK Presiden RI No 590/1961.


Pelaksanaan Upacara Ziarah Nasional Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII yang Ke -116 Tahun 2023 berlangsung dalam Keadaan Aman dan Kondusif. ( Humas Polres Toba )


Red

TerPopuler