Panglima TNI dan Kasad Kompak Serukan Cintai Alam -->

Panglima TNI dan Kasad Kompak Serukan Cintai Alam

Sabtu, 27 Januari 2024, 10:31 PM

Panglima TNI dan Kasad Kompak Serukan Cintai Alam


PATROLI BINS, BANDUNG BARAT, tniad.mil.id - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak kompak menyerukan gerakan mencintai alam dengan mengajak ribuan orang membersihkan sampah, menanam bibit pohon dan menebar bibit ikan di Daerah Latihan (Rahlat) Situ Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/1/2024).


Kegiatan tersebut diikuti total 1.800 orang, yang terdiri dari jajaran TNI AD, organisasi masyarakat, serta LSM. Rangkaian kegiatan dimulai saat Panglima TNI mengangkat bendera start yang secara simbolis menandai dimulainya kegiatan peduli lingkungan itu.


Adapun bibit pohon yang ditanam sebanyak 20 ribu bibit, yang terdiri dari beberapa jenis pohon, diantaranya Mahoni, Trembesi, Pinus, Sengon, Durian, Matoa, Salam, Akasia dan Suren. Sementara bibit ikan yang ditebar mencapai 3,5 ton dari berbagai jenis, seperti ikan mas, patin, tawes dan nila.


Diharapkan, acara yang menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat ini, nantinya akan berdampak besar dalam mengurangi erosi tanah sebagai penyebab utama banjir. Selain itu, dengan penghijauan, maka kualitas air pegunungan akan terjaga, menjadi konservasi keanekaragaman hayati, sumber oksigen, menyediakan sumber daya alami, serta bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi jutaan orang di masa mendatang.


Dalam sambutannya, Panglima TNI sangat mengapresiasi kegiatan TNI AD yang diinisiasi langsung oleh Kasad ini. Ia berharap, kegiatan semacam ini dapat ditiru dan terus digalakkan di seluruh wilayah Indonesia. 


"Saya ucapkan terima kasih kepada Kasad yang telah menginisiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat secara kontinyu dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia oleh seluruh jajaran,” ujar Panglima TNI mengapresiasi.


Red/Dispenad

TerPopuler