Gelar Upacara Dewa Yadnya Kwarda Bali Merekatkan Komitmen Pengabdian

Gelar Upacara Dewa Yadnya Kwarda Bali Merekatkan Komitmen Pengabdian

Minggu, 23 Februari 2020, 5:33 PM
Gelar Upacara Dewa Yadnya Kwarda Bali Merekatkan Komitmen Pengabdian

PATROLI BINS.CO.ID, BALI - Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan dan Mlaspas di Padmasana Gedung Kwarda Bali Minggu, 22 Pebruari 2020 menjadi sarana merekatkan komitmen mengarungi pengabdian seluruh jajaran pengurus Kwarda Bali yang dilantik 27 Januari 2020 lalu.

Ketua Kwarda Made Rentin menyampaikan Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan dan Mlaspas diawal kepengurusan ini sebagai bentuk memohon restu dan tuntunan Ida Sang Sang Hyang Widhi Wasa.

"Kepegurusan Kwarda Bali periode 2019 - 2024 sudah selayaknya mengawali aktivitas di Gedung Kwarda Bali ini awali dengan doa, lalu melaksanakan tugas - tugas dengan ikhlas, sehingga dengan tuntunan Tuhan semoga nanti pengabdian, tanggungjawab yang kita laksanakan dalam membina generasi muda dapat diakhiri dengan rasa syukur dan bahagia" ungkapnya

Made Rentin yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali mengajak momentum ini menjadi sarana merekatkan komitmen seluruh pengurus Kwarda Bali.

"Ini momentum kita semua, baik pengurus Kwartir Daerah Bali dan pengurus Kwartir Cabang di 9 kabupaten/kota untuk berkomitmen memajukan Gerakan Pramuka dan tak boleh lupa bahwa Gerakan Pramuka rohnya adalah membina generasi muda" tegasnya

Pada kesempatan tersebut Ka Kwarda Bali mengucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya kepada seluruh pengurus Kwarda Bali dan mengajak seluruh pengurus menjadikan Gedung Kwarda Bali sebagai rumah bersama bagi seluruh pramuka di Bali.

Ketua Dewan Kehormatan Kwarda Bali periode 2019 - 2024, Putri Suastini Koster juga berkesempatan memberikan arahan untuk memperkuat pembinaan bagi generasi muda Bali melalui aktivitas yang dilaksanakan oleh Kwarda Bali disela pelaksanaan Upacara Rsi Gana.

Putri Suastini Koster yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali ini berharap Gerakan Pramuka harus terus berupaya melahirkan, sosok insan sumber daya anak Indonesia yang berjanji untuk setia dan bakti pada negerinya.

"Janji setia dan bakti pada negeri menjadi landasan spirit Gerakan Pramuka, sehingga tidak ada anak bangsa yg mengkhianati bangsanya.. Menjadi pribadi yang tangguh dan menemukan karakternya sebagai anak-anak Bali, dan sebagai anak Indonesia" ungkapnya

Zaman telah berubah, perkembangan teknologi yang kian pesat juga harus direspon oleh Kwarda Bali dengan merancang kegiatan dan program program yg dibutuhkan anak milenial dengan problematika anak muda seperti bahaya narkoba, pergaulan bebas, bahaya hoax, intoleransi dan sederet problem lainnya.

"generasi sekarang juga harus kita kawal dan jaga mereka. Ditengah banyak tantangan bagi anak bangsa, Pramuka harus hadir mengayomi dan memberikan bekal menghadapi tantangan - tantangan dewasa nanti"

Dengan gerakan cepat yang dilakukan Kwarda Bali, harapan beliau Gerakan Pramuka Kwarda Bali mampu menjadi percontohan bagi Pramuka di seluruh penjuru Nusantara. Istri Gubernur Bali, Putri Suastini Koster juga mendukung upaya Ka Kwarda Bali, Made Rentin untuk menjadikan Bali sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Pramuka bertaraf Nasional bahkan Internasional.

"Kita punya kelebihan yang mesti dimanfaatkan, Bali sebagai tujuan pariwisata sangat mudah menarik pusat perhatian dunia. Sehingga Pramuka Bali berkarya untuk Bali namun berdampak, dilirik diseluruh pelosok nusantara bahkan macanegara" imbuhnya

Beliau juga menberi Apresiasi kepada Kwarda Bali dikepengurusan yang dikomandoi oleh Made Rentin karena menggelar Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan dan Mlaspas. Ini menjadi langkah yang baik dalam rangka menyelaraskan Bhuana Agung dan Bhuana Alit. Menyelaraskan spirit antara yang bertugas dan tempat bertugas. Sehingga seluruh jajaran pengurus Kwarda Bali dapat bertugas membina generasi muda.

Pada kesempatan itu juga, Ibu Putri Suastini Koter menguji keberanian dan keterampilan seni tari dan tabuh anak- anak pramuka siaga yang ngayah megambel dan memberikan hadiah untuk mereka.

Upacara Rsi Gana yang digelar Kwarda Bali dipuput oleh Ida Pedanda Griya Mas Timbul, Peguyangan Denpasar.

Adapun Duduonan acara Ngantukin Bahatari Sri ke Pura Dugul Suniang Sari, Jalan Drupadi. Selanjutnya melaksanakan pecaruan pengruak Panca Sata (Panca Muka) dilanjutkann Upacara Rsi Gana, Mendem Pedagingan dan pmlemlaspas.

"Upacara ini sudah tentu bertujuan mengambalikan dan mentaralisir Gedung Kwarda Bali menjadi kantor secara bersih Niskala, sehingga terwujud sebuah keharmonisan antara tempat dan yang menempati, nantinya diharapkan aktivitas Kwarda Bali dapat dilaksanakan di Gedung Kwarda Bali berjalan sesuai dengan program dan harapan" tutup Ketua Panitia Upacara Rsi Gana I Wayan Wirta, S.Ag yang juga Waka Pusdiklatda Kwarda Bali.(*)

TerPopuler