Lurah Kota Bekasi Sabet Penghargaan Paralegal Justice Award Dan Anubhawa Sasana Desa/kelurahan Jagaddhita Dari Kemenkumham -->

Lurah Kota Bekasi Sabet Penghargaan Paralegal Justice Award Dan Anubhawa Sasana Desa/kelurahan Jagaddhita Dari Kemenkumham

Jumat, 02 Juni 2023, 9:49 PM
Lurah Kota Bekasi Sabet Penghargaan Paralegal Justice Award Dan Anubhawa Sasana Desa/kelurahan Jagaddhita Dari Kemenkumham


PATROLI BINS, JAKARTA  - Sebanyak dua lurah di Kota Bekasi menerima penghargaan pada Paralegal Justice Award 2023 dari BPHN Kementrian Hukum dan HAM RI bersama Mahkamah Agung RI serta didukung oleh Kementerian Desa dan PDTT dan Kementerian Dalam Negeri.


Anugerah Paralegal Justice Award diselenggarakan di Discovery Hotel, Jakarta, Kamis (1/6/2023) penganugerahan Penghargaan yang diinisiasi oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI tersebut sebagai dorongan untuk mengoptimalisasi peran dan apresiasi  bagi para kepala desa dan lurah atas prestasi serta pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa dan negara.


Dari 300 orang kepala desa dan lurah, terdapat 2 Lurah dari Kota Bekasi yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. 


Diantaranya, Lurah Kota Baru Kecamatan Bekasi Barat yang berhasil meraih anugerah Paralegal Justice Award (PJA) 2023. PJA adalah anugerah yang diberikan kepada kepala desa/lurah yang mendapatkan Non Litigation Peacemaker, karena telah berperan dalam menyelesaikan konflik permasalahan hukum yang timbul di kalangan masyarakat

dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita, yaitu terhadap desa/kelurahan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memperhatikan kelayakan investasi, peningkatan sektor wisata dan pembukaan lapangan kerja.


Sementara, Lurah Harapan Jaya Kecamatan Bekasi Utara berhasil meraih anugerah Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan 2023 berkat perannya dalam pembentukan dan pembinaan desa yang secara aktif menyukseskan dan mengembangkan program pemberdayaan masyarakat di wilayahnya, dengan menggali potensi wilayah, terus berkreasi, berkarya dan berinovasi dengan tetap memperhatikan kelayakan investasi, peningkatan sektor pariwisata dan pembukaan lapangan pekerjaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sumber daya alam dan kearifan lokal adat istiadat setempat.


Perlu diketahui penghargaan ini dapat diraih setelah melalui tahapan seleksi administrasi, seleksi audisi, maupun eliminasi terhadap para kades/lurah yang lolos seleksi melalui pendaftaran online, pengiriman dokumen administrasi, bukti penyelesaian masalah yang dihadapi di wilayah sejak bulan Februari 2023 dan pengumuman kelulusan sebanyak 300 orang kades/lurah dari kurang lebih 750 kades/lurah yang turut mendaftarkan diri seluruh Indonesia.


Setelah setelah melalui proses tahapan yang panjang dan ketat Lurah Harapan Jaya Mohammad Saleh dan Lurah Kota Baru Agus H. Mamun bersama 298 kepala desa/lurah lainnya diikutsertakan pada pembinaan Paralegal Academy pada tanggal 29 Mei 2023 hingga 31 Mei 2023. Pembinaan tersebut diisi pembekalan materi dari para hakim, yudistisial, dan mahkamah agung yang tentunya diharapkan dapat menambah kompetensi yang akan menjadi bekal dalam menangani berbagai permasalahan atau perkara hukum di masyarakat secara non litigasi dan inklusif.


Selanjutnya para penerima anugerah akan mendapatkan penghargaan sebagai berikut : 

1. Penerima Penghargaan NLP mendapatkan Piagam & Soft File SK

2. Penerima Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita mendapatkan Piagam & Soft File SK

3. Penerima Penghargaan PJA mendapatkan Jubah, PIN Paralegal, Piala, Medali dan Soft File SK


(Bon/ Humas)

TerPopuler