Komandan PMPP TNI Hadiri Konferensi Tahunan IAPTC Ke 25 di Lima, Peru -->

Komandan PMPP TNI Hadiri Konferensi Tahunan IAPTC Ke 25 di Lima, Peru

Rabu, 09 Oktober 2019, 8:25 PM

PATROLI BINS - Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menghadiri kegiatan konferensi tahunan ke-25 The Internasional Assosiation of Peacekeeping Training Centres (IAPTC) yang berlangsung pada tanggal 7 s.d 10 Oktober 2019, bertempat di Convention Center Westin Hotel, Lima, Peru, Rabu (9/10/19).

Dalam acara tersebut Komandan PMPP TNI dipercaya untuk mengisi sesi panel yang bertema "Safety and Security in the High-risk Environments", yang dihadiri oleh perwakilan dari Markas besar PBB, Komandan Peacekeeping Center dari seluruh dunia, termasuk para ahli dan pengamat Operasi Perdamaian Dunia.


Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus dalam kesepatan tersebut menyampaikan pembahasan tentang perspektif dan pengalaman Indonesia dalam menganalisa berbagai tantangan penugasan operasi perdamaian multidimensi serta menyiapkan para peacekeepers Indonesia (TNI) agar dapat bertugas secara professional.

Lebih lanjut Komandan PMPP TNI dalam mengawali paparannya menyampaikan peran strategis operasi perdamaian dalam mengatasi transformasi konflik multidimesional dalam operasi perdamaian dunia. Perkembangan konflik dunia yang telah menciptakan berbagai bentuk tantangan penugasan baru yang berimplikasi pada semakin tingginya standarisasi profesionalisme peacekeepers yang ditugaskan di daerah konflik, tambahnya

Selanjutnya Komandan PMPP TNI menyampaikan bahwa operasi perdamaian dunia dibentuk untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat dan host country, memelihara stabilitas keamanan, dan meyakinkan implementasi Hak Asasi Manusia. Selain itu untuk mendukung terselenggaranya tugas-tugas komponen sipil PBB dalam mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan asistensi kepada masyarakat yang terdampak oleh konflik, katanya.

Bertolak dari pengalaman penugasan dan catatan keberhasilan para peacekeepers Kontingen Garuda TNI di berbagai medan penugasan, Komandan PMPP TNI juga menjelaskan tentang metode pelatihan efektif yang diprogramkan oleh PMPP TNI, baik bagi kontingen maupun individual peacekeepers, seperti security awareness, global threat and security trending issues, global health challenges and medical response, safety movement procedure, dan environment security.

Dalam akhir papaparanya, Komandan PMPP TNI memberikan penjelasan tentang strategi penguatan deployment pasukan melalui penempatan personel berkualifikasi khusus untuk mengatasi situasi darurat dan kontijensi dalam penugasan.

Dalam kegiatan tersebut ketua deledasi Indonesia Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus didampingi Direktur Pembinaan Latihan (Dirbinlat) PMPP TNI, Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar dan Kasi Kerjasama Internasional PMPP TNI, Mayor Arm Gde Ady.

Autentikasi: Kabidpeninter Puspen TNI

TerPopuler